Gambaran Umum Software Hotel

Berikut gambaran alur system hotel yang kami jelaskan berdasarkan department :

1. FRONT OFFICE 

Modul Front office berfungsi untuk mengelola semua transaksi yang berhubungan dengan tamu, seperti booking, checkin, penambahan extrabed, penambahan kamar dengan satu nomor bill, perpindahan kamar, deposit dengan cash, credit card, bank transfer, transaksi restaurant dan laundry yang pembayarannya disatukan kebilling tamu, dll. 


2. HOUSEKEEPING 

Housekeeping berfungsi untuk mencatat transaksi – transaksi yang berhubungan dengan hotel dan tamu. Berikut beberapa peran housekeeping :
  •  Melakukan pergantian status kamar dari check/out ke clear up. 
  • Melakukan pergantian status kamar dari clearup/ ke vacant inspected 
  • Melakukan pergantian status kamar dari status occupied ke makeup room jika ada tamu yang meminta housekeeping untuk membersihkan kamar tamu. 
  • Mencatat semua pemakaian barang pada saat membersihkan kamar. 
  • Mencatat barang – barang yang diganti dan terpakai pada minibar.
  • Mencatat pemakaian extrabed. 
  • Mencatat lose and found jika ada barang yang hilang atau ditemukan disekitar hotel. 
  • Mencatat barang kadaluarsa/rusak.
  • Membuat permintaan ke Engeneering jika ada kerusakan atau perbaikan yang terjadi disekitar kamar dan ruangan housekeeping.
  • Membuat permintaan stok barang 
  • Membuat transaksi pemakaian barang. 
  • Dll. 

3. RESTAURANT 

  • Melakukan transaksi penjualan, baik dari tamu hotel ataupun tamu yang bukan tamu hotel.
  • Mencatat transaksi pembayaran langsung, transaksi yang pembayarannya disatukan kebilling kamar, transaksi compliment dan hutang tamu. 
  • Menginput transaksi pemakaian barang. 
  • Melakukan permintaan stok barang ke department purchasing. 
  • Dll. 

4. LAUNDRY 

   Berikut peran laundry pada modul laundry : 
  • Melakukan transaksi jasa laundry baik transaksi dari kamar tamu ataupun transaksi luar.
  • Mencatat pembayaran tamu baik pembayaran cash, credit card dan pembayaran yang disatukan kebilling kamar tamu. 
  • Mencatat stok barang. 
  • Mengatur tarif dan jenis jasa laundry. 
  • Melakukan transaksi pemakaian barang. 
  • Melakukan permintaan stok barang ke departemen purchasing. 
  • Dll. 

5. ENGENEERING 

   Peran Engeneering pada modul Engeneering meliputi : 
  • Mencatat semua pemakaian peralatan dan mencatat pemakaian barang sewaktu melakukan perbaikan, baik perbaikan fasilitas kamar ataupun peralatan dan perlengkapan hotel. 
  • Membuat jadwal kerja untuk departemen teknisi. 
  • Melakukan permintaan stok ke departemen purchasing. 
  • Dll. 

6. KITCHEN 

  • Mencatat stok barang tersedia, seperti sayuran, daging, rempah, serta peralatan dan perlengkapan lainnya. 
  • Melakukan transaksi pemakaian peralatan dan perlengkapan departemen kitchen 
  • Melakukan permintaan stok barang ke departemen purchasing 
  • Mencatat stok kritis. 

7. PURCHASING 

  • Mencatat stok barang. 
  • Melakukan transfer barang ke setiap department 
  • Melakukan transfer stok ke setiap department yang melakukan permintaan stok barang 
  • Melakukan transaksi pembelian 
  • Mencatat transaksi pemakaian departemen purchasing. 
8. INTERNAR CONTROL 
  • Melakukan koreksi jika ada kesalahan input dari setiap department. 
  • Mencatat aktivitas user 
  • Mengontrol semua alur laporan 
  • Dll. 

9. SPA 

  • Mencatat stok perlengkapan dan peralatan spa. 
  • Melakukan transaksi jasa spa, baik untuk tamu hotel maupun tamu luar. 
  • Mencatat transaksi pembayaran tamu, baik pembayaran cash, credit card dan pembayaran yang sistemnya disatukan kedalam billing kamar (khusus tamu hotel). 

10.ACCOUNTING. 

  • Mencatat data perlengkapan dan perlatan kebutuhan departemen akunting. 
  • Melakukan transaksi pengeluaran hotel seperti pembayaran telephone, listrik, hutang piutang, pembayaran air dll. 
  • Mengontrol cash hotel, baik cash ditangan ataupun yang berada dibank. 
  • Membuat transaksi permitaan stok barang ke departemen purchasing.
  • Melakukan transaksi pemakaian peralatan dan perlengkapan departemen akunting. 
  • Mencatat transaksi pengeluaran untuk pembelian peralatan dan perlengkapan setiap departemen. 
  • Mengontrol laporan pendapatan restaurant, laundry, front office, spa dan karaoke. Untuk modul 
karaoke untuk sementara masih kami gabungkan dengan modul restaurant, dan untuk system perhitungan, hanya dihitung berdasarkan jumlah pemakaian jam yang di inputkan pada saat terjadi transaksi.

Baca Misteri

Baca Misteri

Related Posts:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.