7 Jenis Blog Yang Disukai Oleh Google

Membuat Blog Yang Disukai Oleh Google dan Bersaing di mesin pencarian Google bukanlah perkara yang mudah, biasanya hanya Top 10 situs dengan kualitas artikel terbaik yang bisa tampil pada halaman pertama pencarian Google. Banyak para Blogger yang bertanya-tanya, bagaimanakah caranya agar postingan kita tampil pada halaman pertama di Google ?

Sebenarnya, artikel yang muncul di halaman pertama pencarian Google itu bisa dikatakan cukup mudah, anda tidak perlu menggunakan teknik-teknik curang Black SEO.

Jika kita ingin atikel yang ada diblog kita bisa muncul pada halaman pertama di Google, berikut saya berikan ciri-cirinya :

1. Menggunakan Blog dengan Domain Khusus

Dengan saran menggunakan domain yang LTD ( Top Level Domain), artinya Google sangat menyukai jika blog anda menggunakan domain yang LTD seperti .com, .net, .info dan jenis domain lainnya. Akan tetapi dengan menggunakan domain yng khusus bukan berarti Google tidak menyukai domain yang blogspot atau woordpress, Namun Google akan memberi perlakukan khusus pada pengguna domain LTD. 

Alasannya adalah sama-sama kita ketahui bahwa yang namanya jenis apapun yang berbayar akan didahulukan ketimbang yang gratis, namun bukan berarti domain yang blogspot tidak bisa menandingi blog yang menggunakan domain khusus.

2. Blog yang Sudah Lama Umurnya

Sudah jelas bahwa blog yang sudah berumur tua akan lebih banyak keunggulannya di bandingkan dengan Blogger pemula atau blogger daun muda. Misalnya dalam segi artikel, blog yang sudah lama tentu memiliki lebih banyak artikel jika selalu Update. Namu jangan sombong dulu kalau sudah punya blog yang sudah tua umurnya, tidak semua blog yang sudah tua di sukai oleh Google.

3. Blog dengan Memiliki Postingan Banyak

Seperti yang  saya tulis pada point diatas, Blog yang tua didisenangi Google apabila artikelnyanya tetap update. Maksudnya, semakin lama blog anda, maka akan semakin banyak jumlah artikelnya. Jumlah artikel yang menurut Google banyak, itu memang belum ada standarntanya, namu kita bisa tebaklah, kalau jumlah postingannya hanya ada di bawah 20 tentu saja masih sedikit.

4. Blog yang memiliki Postingan Berkualitas

Pada uraian point nomor 3 diatas, bahwa Google menyukai Blog yang meiliki banyak Artikel, maksudnya adalah banyak tapi harus berkualitas. Blog yang memiliki postingan banyak namun tidak berkualitas atau hanya Copy Pasti itu sangat tidak disukai google.

5. Disukai Pembaca

Tentunya, Blog yang mempunyai Postingan banyak, berkualitas dan umurnya sudah lama, maka akan sendirinya disukai oleh pembaca. Karena jika artikelnya disukai oleh pembaca maka pembaca biasanya meninggalkan komentarnya ataupu di bagikannya di Social media.Dengan demikian traffic blog anda akan drastis naik, dan akan otomatis disukai oleh Google.

6. Blog yang Fokus

Nah, yang sangat sulit adalah menjadikan Blog focus pada satu jenis pembahasan, misalnya hanya focus pada Tutorial Blog, Template, SEO maupun jenis artikel lainnya yang kira-kira sangat dibutuhkan orang banyak. Dengan mengupas satu topik khusus, Google akan mudah menandai blog  anda, artinya adalah bahwa anda ditandai memiliki keahlian khusus menurut Google

7. Blog yang Selalu Update

Pada kriteria ini adalah Blog yang disukai Google tentunya adalah blog yang selalu update. Inilah yang  Ini yang banyak dilupakan oleh blogger. Banyak menyangka dengan jumlah artikel sudah ratusan maka itu sudah cukup. Memang benar, tapi mengingat perkembangan informasi yang terus melaju maka mengharuskan kita untuk terus mengupdate postingan.


===Sekian, Semoga membantu===
Azhar Hasibuan

Azhar Hasibuan