Cara Kompress HTML, CSS dan JavaScript Blog




Kompress kode HTML CSS, dan JavaScript Template Blog sangatlah penting untuk untuk meningkatkan kecepatan tampilan Blog, ini sangat direkomendasikan oleh GT Metrix sebagai Situs penguji kecepatan Tampilan Blog.

Tiga kelompok kode di template blog tersebut, yang paling diutamakan untuk di Kompres adalah kode JavaScript (JS), Karen kode JS sangat mempengaruhi sistem kecepatan atau Loading tampilan Blog dibandingkan dengan kode HTML maupun kode CSS lainnya.

Yang jadi masalah adalah bagaimana langkah-langkah untuk memperkecil ukuran ketiga kode tersebut ?, Nah dibawah ini saya akan mencoba menguraikan tentang Cara Kompress HTML, CSS dan JavaScript Blog.


Cara Kompress HTML, CSS dan JavaScript Blog.

1. Compress HTML.

Kode-kode HTML di template Blog ada di antara kode <body> dan </body>.
Misalnya :

<body>
Kode HTML di Sini
</body>

Untuk keperluan Kompress, kita bisa gunakan situs-situs berikut ini untuk kompres kode HTML dimaksud.

2. Compress CSS 

Kode CSS pada template blogger biasanya ada di antara kode <b:skin> dan </b:skin> dan/atau antara kode <style type='text/css'> dan </style>.
Misalnya :

<b:skin><![CDATA[
Kode CSS di Sini
]]></b:skin>

atau

<style type='text/css'>
Kode CSS di Sini
</style>

Untuk mengkompressnya, kita bisa menggunakan Tools Website Online inii:

3. Compress Java Script 

Untuk kode JavaScript (JS) Template Blog biasanaya berada di antara kode <head> dan </head>, khususnya di atas kode </head>.
Misalnya :

<head>
Kode Java Script di Sini
</head>

<script type='text/javascript'>
Kode Java Script di Sini</script>

Untuk Kompres JS nya bisa gunakan situs-situs berikut ini :
Catatan :
  • Untuk melakukan Kompres Kode HTML, CSS, dan Javascript Template Blog bagi Blogger pemula tidak dianjurkan karena dikhawatirkan bila mana ada kode yang error maka akan sulit mengatasinya.
  • Kompress HTML & CSS juga tidak dianjurkan bagi para Blogger yang masih ingin mendesain pengaturan kode-kode didalam Template, karena jika sudah di kompres maka akan sangat sulit untuk di edit kembali.
===Sekian===

Azhar Hasibuan

Azhar Hasibuan