Mengenal Virus Trojan

Istilah Trojan horse (Kuda Trojan) berasal dari metodologi Yunani pada saat perang troya.Dalam peperangan tersebut, pasukan yunani melawan pasukan troya.Pasukan yunani telah mengepung kota Troya selama sepuluh tahun.Namun,karena pasukan kerajaan Troya cukup tangguh, maka pasukan yunani sulit untuk mengalahkannya.

Akhirnya, pasukan Yunani membaut strategi dengan membuat kuda raksasa yang terbuat dari kayu.kuda ini cukup sangat unik,didalamnya terdapat sebuah rongga, sehingga dapat di isi oleh pasukan Yunani.Pasukan Yunani pura – pura mundur dan sambil memberikan hadiah kuda kayu raksasa tersebut kepada kerajaan Troya dengan bantuan seorang spionase yunani bernama sinon,penduduk kota troya berhasil diyakinkan untuk menerima hadiah kuda kayu raksasa tersebut dan memasukkannya kedalam kota.

Pada malam harinya, pasukan yunani yang tadinya berada didalam rongga kuda kayu tersebut keluar,kemudian membuka gerbang kerajaan troya untuk memasukkan pasukan yunani lainnya yang sudah lama menunggu untuk menyerang kota Troya.dengan cara tersebut,kota troya dapat dikuasai oleh yunani. 

Bagi pembaca yang pernah nonton film troy, mungkin sudah pada tau tentang kisah kerajaan tersebut..seru kan?? Buat yang belum nonton., uruan cari kasetnya, hehehhee. 

Kisah singkat diatas telah mengilhami para hacker untuk menciptakan “penyusup” ke dalam computer orang lain yang disebut dengan Trojan horse.Trojan yang dulunya adalah sebuah hadiah untuk kerajaan Troya pada saat ini di istilahkan sudah berkaitan dengan masalah keamanan computer yang cukup serius.Trojan dapat masuk ke computer melalui beberapa cara dan dari berbagai sumber yang kurang dipercaya di internet atau dari orang lain. 

Seperti halnya virus, jumlah Trojan semakin lama semakin bertambah banyak.Hal ini dikarenakan hacker atau pembuat program Trojan selalu bereksprimen untuk mengembangkannya.Trojan tidak mempunyai masa aktif seperti update an antivirus.artinya Trojan akan selalu ada dan tidak akan pernah habis selama belum dibasmi. 

Ada banyak hal yang dikembangkan oleh seorang programmer agar program tidak terdeteksi oleh anti virus atau Trojan scanner.Programer akan selalu bereksprimen untuk menciptakan Trojan yang unik dengan fungsi – fungsi baru dengan metode enkripsi yang lebih hebat.secara teknis,Trojan dapat muncul dimana saja dan kapan saja,baik pada system operasi manapun, dan berbagai platform. 

Salah satu indikasi computer yang terinfeksi oleh Trojan dapat digambarkan sebagai contoh berikut : 

Pada saat computer terhubung dengan internet,Misalnya saat chating atau pada saat memerikasa email masuk,hardisk bekerja dengan sibuk dalam waktu yang lama.padahal, kita sedang tidak menjalankan program aplikasi yang berukuran besar atau tidak sedang mendownload sesuatu yang mengharuskan piringan hardisk berputa cukup lama.kejadian tersebut termasuk kejadian aneh yang patutu dicurigai adanya penyusupan Trojan. 

Baca Misteri

Baca Misteri