Kategori Virus Trojan Beserta Fungsinya

Pada postingan sebelumnya saya udah posting tentang mengenal Trojan dan cara kerjanya, nah sekarang saya akan menuliskan macam macam Trojan beserta fungsinya. Trojan seperti halnya virus mempunyai mempunyai jumlah yang cukup banyak dan berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Virus Trojan terdapat kurang lebih 650 yang beredar saat ini, dan bahkan pendapat lain ada yang mengatakan bahwa tahun ini sudah terdapat puluhan ribu Trojan yang sudah beredar, jumlah tersebut adalah jumlah yang diketahui atau terdeteksi keberadaannya, sedangkan yang tidak terdeteksi tidak diketahu berapa jumlah sebenarnya.


Sekian banyak Trojan yang telah beredar dan menginfeksi pemakai internet, dapat diklasifikasikan berdasarkan ciri-cirinya. Menurut dancho danchev (2004), Trojan dapat diklasifikasikan menjadi delapan jenis,antara lain sebagai berikut :

1. Trojan Remote Accses 
Trojan Remote accses termasuk Trojan yang paling popular saat ini.banyak penyerang menggunakan Trojan ini dengan alasan fungsi yang banyak dan sangat mudah dalam pengunaannya.Prosesnya adalah menunggu seseorang menjalankan Trojan yang berfungsi sebagai server dan jika penyerang telah memiliki IP address korban, maka penyerang telah dapat mengendalikan secara penuh computer korban. Contoh jenis Trojan ini adalah Back Orifice (BO),yang terdiri dari BOSERVE.EXE yang dijalankan dikomputer korban dan BOGUI.EXE yang dijalankan oleh penyerang untuk mengakses computer korban. 

2. Trojan Pengirim Password 
Tujuan dari Trojan jenis ini adalah mengirimkan password yang berada dikomputer korban atau di internet ke suatu e-mail khusus yang telah disiapkan. 

3. Trojan File Tranfer Protocol (FTP) 
Trojan FTP adalah Trojan paling sederhana dan dianggap sudah ketinggalan jaman. Satu – satunya fungsi yang dijalankan adalah membuka port 21 di computer korban yang menyebabkan seseorang memiliki FTP client untuk memasuki computer korban tanpa password serta melakukan download atau upload file. 

4. Keylogger 
Keylogger termasuk kedalam kategori jenis Trojan yang paling sederhana,dengan fungsi merekan atau mencatat ketukan tombol pada saat user melakukan pengetikan dan menyimpannya dalam logfile.apabila diantara ketukan tersebut terdapat pengisian user name atau password, maka keduanya akan dapat diperoleh oleh seorang penyerang dengan melihat logfile tadi.Trojan ini bisa dijalankan baik pada saat computer online atau offline.Trojan ini dapat mengetahui korban yang sedang online dan merekam segala sesuatunya.pada saat offline, proses perekaman dilakukan setelah windows pertama kali dijalankan dan disimpan dalam harddisk korban,dan akan menunggu si user online untuk melakukan transfer atau diambil oleh penyerang. 

5. Trojan Penghancur 
Satu satunya fungsi dari Trojan jenis ini adalah untuk menghancurkan dan menghapus file.Trojan penghancur termasuk jenis yang paling sederhan dan mudah digunakan,Tetapi sangat berbahaya.karna sekali Trojan tersebut menginfeksi kita tidak dapat melakukan penyelamatan,maka sebagian atau semua file system akan hilang.Trojan ini secara otomatis mengahapus semua file system pada computer korban (sebagai contoh : *.dll,*.ini atau *.exe). 

6. Trojan Denial of Service (DoS) Attact 
Trojan Dos Attact saat ini termasuk yang paling popular.Trojan ini mempunyai kemampuan untuk menjalankan Distributed Dos (DDoS), jika mempunyai korban yang cukup.gagasan utamanya adalah,jika penyerang mempunyai 200 korban dan pemakai ADSL yang telah terinfeksi, kemudian akan mulai menyerang korban secara serentak.hasilnya adalah membuat lalu lintas yang sangat padat karba permintaan yang bertubi – tubi dan melebihi kapasitas bandwith internet korban. Hal ini menyebabkan akses internet menjadi tertutup.Wintrinoo adalah suatu tool DDoS yang popular baru – baru ini.jika Penyerang telah menginfeksi pemakai ADSL, maka beberapa situs internet akan collaps. 

7. Trojan Proxy/Wingate 
Bentuk dan corak yang menarik diterapkan oleh pembuat Trojan untuk mengelabui korban dengan memanfaatkan suatu proxy/Wingate server yang disediakan untuk seluruh dunia atau hanya untuk penyerang saja.Trojan Proxy/Wingate digunakan pada telnet yang tanpa nama,ICQ,IRC dan untuk mendapatkan domain dengan nomor kartu kredit yang telah dicuri serta untuk aktivitas lain yang tidak sah.Trojan ini melengkapi penyerang dengan keadaan tanpa nama dan memberikan kesempatan untuk berbuat segalanya terhadap computer korban dan jejak yang tidak dapat ditelusuri. 

8. Software Detection Killer 
Beberapa Trojan telah dilengkapi dengan kemampuan melumpuhkan fungsi software pendeteksi,tetapi ada juga program yang berdiri sendiri dengan fungsi yang sama. Contoh software pendeteksi yang dapat dilumpuhkan fungsinya salah satunya adalah Zone Alarm,Norton Antivirus,dan program antivirus/firewall yang alin. Ketika software pendeteksi dilumpuhkan, penyerang akan mempunyai akses penuh terhadap computer korban dan akan menggunakan computer korban untuk mengerang computer lainnya..

Nah sekarang anda sudah tau kan kategori Trojan dan fungsinya..anda tinggal mencocok kan aja..jenis Trojan mana yang pernah menyerang computer anda..hehehehe..

===Semoga bermanfaat===

Baca Misteri

Baca Misteri