Masukkan Alamat Email Anda

Untuk mendapatkan update artikel dari blog ini:

Senin

Form Login dan Sign Up berbasis database dengan delphi 7

Sesuai dengan request saudara indra kemaren pada postingan saya sebelumnya,tentang membuat form login sederhana dengan delphi 7.beliau menanyakan kepada saya,bagaimana cara menambahkan form sign up pada tampilan form login tersebut. untuk menambahkan form sign up pada form login tersebut.pembaca perlu membuat 1 database terlebih dahulu..sebagai tempat penyimpanan data member/anggota yang nantinya melakukan registrasi dan pembaca juga perlu untuk menambahkan minimal 2 form tambahan..1 untuk form registrasi member dan yang satunya

lagi untuk form konfirmasi..disini saya masih menggunakan cara yang sederhana..berhubung karna saya juga masih dalam tahap belajar..hehehe
kalo tampilan form login yang saya buat sebelumnya seperti gambar dibawah ini :



Berarti pebaca perlu manmbahkan satu label lagi yang berfungsi sebagai link ke menu registrasi anggota yang akan kita buat nantinya.cara pembuatannya klik pada tab standard > label(StdCtrls) kemudian pada tab propertiesnya,rubah textnya misalnya “ klik disini untuk registrasi”.
Untuk pembuatan database member,berikut langkah – langkahnya :
1. Start > all program > borland delphi 7 > database desktop hingga
muncul tampilan seperti berikut :



2. Kemudian buat tabel baru dengan mengklik file > New > tabel jika
muncul tampilan confirmasi tekan ok aja..
3. Setelah itu isi field namenya seperti berikut :



4. Setelah itu save dengan nama user
Nah sekarang tinggal mengisi database yang sudah anda buat tadi..berikut langkah – langkah pengisiannya
1. Buka pada tampilan database desktop tadi,klik file > open > table
kemudian cari database yang sudah anda buat..
2. Setelah itu klik pada tab edit data dan masukkan isikan data hingga seperti
gambar berikut :


pembaca tinggal membuat alias dari database yang baru pembaca buat tadi.caranya sebagai berikut :
1. Buka database yang sudah pembaca buat tadi dengan mengklik file > open
> tabel
2. Setelah itu klik pada tab Tools > alias manager hingga muncul tampilan
seperti gambar berikut :


3. Klik tab new dan buat database alias baru dengan nama “user” kemudian klik
tab keep New dan tekan ok.

Sekarang anda sudah berhasil membuat database baru beserta alias databasenya..

Untuk membuat form registrasi member,berikut langkah – langkahnya :
1. Buka aplikasi delphi anda, kemudian cari form sign in yang sudah anda buat..jika belum tahu cara pembuatannya,silahkan baca postingan sebelumnya..klik disini.
2. Setelah itu,buat form baru dengan nama register..kemudian letakkan 4 buah
componen DBEdit,4 buah label dan 2 buah button,dan jangan lupa, letakkan 1
buah componen table pada Tab BDE dan componen data source pada tab Data
acces.setelah itu rubah masing – masing caption dari componen – componen
tadi hingga tampilannya seperti gambar berikut :


Atur Properti Komponen Tabel:

a. Properti Komponen Tabel yang dirubah :
Name : Tdftr
DatabaseName : user
TableName : user.db
Active : True
b. Properti Komponen Data Source yang dirubah :
Dataset : Tdftr
Name : DataSource1
Kemudian pada componen DBEdit atur properti seperti berikut :
DataSource : DataSource1
DataField : atur sesuai dengan urutan label gambar diatas

Setelah itu klik 2x pada button daftar, lalu paste code berikut :


Tdftr.Append; // Meminta Record Baru
BTambah.Enabled:=true; // Tombol aktif

BBatal.Enabled:=true;
end;

kemudian klik 2x pada tombol batal dan paste code berikut :
begin
Tdftr.Cancel;
BTambah.Enabled:=true; // Tombol aktif
BBatal.Enabled:=false;
end;

nah..sekarang anda kembali kepada Form login, buat form baru lagi,rubah nama Form tersebut dengan “msg” kemudian save dengan nama msg juga,Edit tampilan formnya seperti gambar berikut :



Form ini akan tampil ketika user/anggota menginputkan user name dan password dengan benar..

Terakhir,anda kembali ke form login,kemudian tempelkan 1 buah componen table dan rubah propertinya seperti berikut :

a. Properti Komponen Tabel yang dirubah :
Name : Tdftr
DatabaseName : user
TableName : user.db
Active : True

Setelah itu klik pada tombol login,dan paste code berikut :

if (Enama.Text =Tdftr.Fields[0].AsString) or (EPassword.Text=Tdftr.Fileds[0].AsString) then
begin
MessageDlg('Maaf user name atau password anda salah', MTWarning, [MBOK], 0);
Exit;
end;
Fmsg.Show
end;

untuk code pada tombol batal..anda tinggal mengcopy code pada tombol batal yang ada pada form registrasi diatas,karna funginya sama saja..
selesai.

note :
untuk membuat link sign up pada form login,klik 2x pada label yang tadi anda tambahkan kemudian copy code berikut : fregister.show
semoga bisa membantu

20 komentar:

Anonim,  Juni 21, 2010  

ada contoh programnya ga, kho gagal yang saya

sofyan Juni 23, 2010  

emg pesan error_y gmn mas?mgkn slh nm database_y x..kalo g..cantumin email mas dsni z..ntar program_y sya krm lwt email z

HUTABARAT Agustus 12, 2010  

mas boleh minta tolong dibuati ga mas , saya ga ngerti mas bastenboy@gmail.com

ahroihan Agustus 19, 2010  

bagaimana kalo pas pertama jalanin tuh, semua textnya kosong,, kalo kaya gitu kan textnya keliatan,, sama aja donk bohong ada sandi tapi terlihat langsung login

ahroihan Agustus 19, 2010  

malahan dbeditnya kosong juga tetep aja login

aji Desember 01, 2010  

nice post...

terima kasih tealh memberikan inspirasi

Anonim,  Desember 15, 2010  

wah cip cip,.,.
tak tunggu kiriman source kodenya di email saya,heheheh,.,.,saya pemula nieh,

w4hyu_cy83r@yahoo.co.id

makasih,.,

TheDangs Januari 12, 2011  

mas mau tanya kan itu buat loginnya masukan pass,kalo pake EDIT kan ketauan passnya ada solusi laen gak mas

admin Januari 13, 2011  

@TheDangs....tinggahl rubah protertis buat kolom editnya jati tipe password mas.ntr otomasit passwordnya bakal ke hidden :)

Anonim,  Februari 06, 2011  

boz kyknya hanya bisa 1 user tuh..,,, gimana kalau banyak user..?!?

Anonim,  Maret 06, 2011  

saya udah coba tapi saat di actifkan true pada propertisnya tidak mau

Anonim,  Juli 01, 2011  

saya udah coba, tp sintax error di yg terakhir

end;
Fmsg.Show
end;

tlong reply ASAP Gan :)

Fajar Agustus 16, 2011  

nambah ilmu lagi tentang delphi makasih gan infonya :-)
Salam Kenal

Angkatan2012 Agustus 31, 2011  

Berlaku untuk blogspot gak?

To Share September 14, 2011  

manfaat ini bro, bagus

Faisal Ramdan April 10, 2012  

wahhh ga pengen codding masuklogin nya dong gan, ngambil di databases dekstop,,

Anonim,  Mei 30, 2012  

Kalau gk salah itu bukan form sign up ya gan?
itu cuma form yang ngambil dari database bukan?
saya cari yang input nya gk pake dbedit, tapi pake edit biasa, trus kalau sama ky di DB muncul mesage user sudah terpakai, dan kalau tidak ada maka tersimpan di Database, nah saya lagi gk bisa post ke database, error di dataset not in edit or insert mode, padahal open table sudah, insert mode sudah. jadi bingung saya.

RUSMIATI Juni 22, 2012  

saya sudah nyoba tapi kok punya saya error y?
mklum bru bljr Delphi;
Bisa minta source codenya ke email saya???

Daniel Franky S April 10, 2013  

masalah saya cuma 1 ...
kok pas login ..

ngetik apa aja bisa login ...
supaya pas login ngebaca database nya gimana?

Poskan Komentar

asal usul pengunjung


free counters
Sonic Run: Internet Search Engine Search Engine DirectoryVault.com Free Web Submission Banner AddMe Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

blogarama - the blog directory
Review sauri-sofyan.blogspot.com on alexa.com
Get followers

LAYANAN SMS GRATIS

Collection


Computers RSS Search ReadABlog.com Blog Search Engine blog search directory [Valid Atom 1.0] Increase Page Rank Link Exchange British Blogs Personal Blogs AntiSpam Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Powered by Mysiterank Blog Search: The Source for Blogs The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Free Traffic Tools! Austrosearch rantop.com Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net


Certified Backlinks.
Site Class:


  © Terima Kasih Telah Berkunjung disauri-sofyan.blogspot.com

Kembali Ke atas