Breaking News

Cara Memperbaiki File Komputer yang Tersembunyi oleh Virus

Sering menggunakan komputer,  tentunya kita sering mengalami yang namanya file yang tersembunyi. File itu sebenarnya bukan terhapus, namun ia terhidden pada data Komputer anda.

File yang tersembunyi itu biasanya disebabkan oleh virus yang menyerang ke file -file komputer anda. Virus memang sangat mengganggu, kadang virus juga bisa menduplikasi file sehingga menjadi banyak dan menyebar dan tersimpan di dalam komputer yang mengakibatkan kapasitas memori menjadi penuh. 

Virus bisa menghilangkan file atau folder (hidden), sehingga file yang semula ada menjadi hilang. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengembalikan file/folder yang disembunyikan atau di hidden oleh virus.

Pada cara ini saya menggunakan cara yang paling mudah yaitu dengan mengggunakan anti virus smadav. karena smadav selain ringan juga mampu mendeteksi beberapa virus.

Berikut adalah langkah-langkah mengembalikan file yang di hidden virus dengan smadav.

  1. Klik kanan pada flashdisk atau folder yang ada file yang terhidden
  2. Pilih scan with Smadav.
  3. Langkah selanjunya smadav akan melakukan proses scanning untuk mendeteksi flashdisk atau folder pada komputer anda.
  4. Kemudian perhatikan pada tabel scanning smadav, jika ada detected maka ada virus pada komputer anda dan jika ada hidden maka ada file yang terhidden, untuk itu klik pada detail untuk mengembalikan file yang di hidden.

Tunggu sampai proses scanning datanya selesai, Selanjutnya pilih menu hidden, maka disana anda akan menemukan file-file pada komputer anda yang di hidden oleh virus, seperti gambar ini :


Selanjutnya, centang semua file yang di hidden dengan mencentang select all pada pojok kanan, kemudian pilih Unhidden All, seperti contoh gambar dibawah ini :



Kemudian bersihkanlah file yang ada pada kolom Quarantine, dan jika ingin lebih Sterill silahkan restart Komputer/Laptop anda, selanjutnya gunakanlah Update Antivirus Smadav yang Pro untuk Laptop anda, !



1 comment: