Masukkan Alamat Email Anda

Untuk mendapatkan update artikel dari blog ini:

Selasa

Pengertian Demokratisasi

Demokratisasi adalah suatu perubahan baik itu perlahan maupaun secara cepat kearah demokrasi. Demokratisasi ini menjadi tuntutan global yang tidak bisa dihentikan. Jika demokratisasi tidak dilakukan, maka bayaran yang harus diterima adalah balkanisasi, perang saudara yang menumpahkan darah, dan kemunduran ekonomi dengan sangat parah (BJ Habibie 2005).

Demokratisai disuatu system pemerintahan memerlukan proses yang tidaklah mudah. Pada saat perubahan terjadi, selalu ada orang yang tidak ingin melakukan perubahan terus menerus, atau ada manusia yang tidak mampu menyesuaikan diri.Dalam kontes demokratisasi, peran individu yang mampu menerima perubahan itu sangat penting. Untuk itulah, individu harus punya tanggung jawab. Apalagi globalisasi yang terus mendorong perubahan yagn tidak bisa ditahan oleh Negara manapun.
Demokratisasi biasanya terjadi ketika ekspektasi terhadap demokrasi muncul dari dalam Negara sendiri, karna warga negaranya melihat system politik yang lebih baik, seperti yang berjalan dinegara demokrasi lain yang telah mapan, akan bisa juga dicapai oleh Negara tersebut. Dengan kata lain, pengaruh internasional dating sebagai sebuah inpirasi yang kuat bagi warga Negara didalam Negara itu.
Sebuah Negara yang sedang menjalani demokratisasi sangat mudah dipengaruhi oleh factor – factor eksternal. Pengaruh internasional dari sebuah proses demokratisasi bisa terjadi dalam beberapa bentuk, seperti : contagion, control dan conditionality.
Contagion terjadi ketika demokratisasi disebuah Negara mendorong gelombang demokratisasi dinegara lain. Proses demokratisasi di Negara – Negara eropa timur setelah perang dingin usai dan juga gelombang demokratisasi dinegara – Negara amerika latin pada tahun 1970 an menajdi contoh signifikan.
Mekanisme control terjadi ketika sebuah pihak diluar Negara berusaha menerapkan demokrasi dinegara tersebut. Misalnya Doktrin Truman 1947 mengharuskan yunani untuk memenuhi beberapa kondisi untuk mendapatkan status sebagai “Negara demokrasi” dan karenanya berhak menerima bantuan anti komunisme dari amerika serikat.
Conditionality yaitu tindakan yang dilakukan organisasi internasional yang memberi kondisi – kondisi tertentu yang harus dipenuhi Negara penerima bantuan.

6 komentar:

Pasa Firaya, ST April 13, 2010  

Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ salam dari teamronggolawe.com

sofyan April 14, 2010  

mksh mas..dah brkunjung..

Anonim,  Mei 17, 2010  

bolehkah tau referensi nya? tq

windi aulia November 30, 2013  

terima kasih, sangat bermanfaat :)
http://windiaulia.student.ipb.ac.id

Juliar Nur Oktober 07, 2014  

Thanks gan, dengan ini saya bisa tambahkan referensi saya untuk artikel saya ini Pengertian Demokrasi

Poskan Komentar

asal usul pengunjung


free counters
Sonic Run: Internet Search Engine Search Engine DirectoryVault.com Free Web Submission Banner AddMe Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

blogarama - the blog directory
Review sauri-sofyan.blogspot.com on alexa.com
Get followers

LAYANAN SMS GRATIS

Collection


Computers RSS Search ReadABlog.com Blog Search Engine blog search directory [Valid Atom 1.0] Increase Page Rank Link Exchange British Blogs Personal Blogs AntiSpam Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Powered by Mysiterank Blog Search: The Source for Blogs The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Free Traffic Tools! Austrosearch rantop.com Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net


Certified Backlinks.
Site Class:


  © Terima Kasih Telah Berkunjung disauri-sofyan.blogspot.com

Kembali Ke atas