Cara mudah pasang pos komentar diblog

Salah satu penyebab kurang banyaknya komentar pada salah satu blog,apabila kita memakai blogspot (blogger.com) seperti halnya blog ini adalah karena kotak komentar tidak langsung terbuka lebar di bawah posting. Ini berbeda, misalnya, dengan wordpress. Itu sebabnya umumnya blogger yang suka blognya dikomentarin lebih memilih wordpress.com dibanding di blogger.com.


Khusus bagi kiat para anggota blogger setia yang ingin punya kotak komentar seperti kotak komentar di wordpress pada postingan kali ini saya akan membahas sedikit tentang cara pembuatan kotak komentar diblog seperti halnya kotak komentar di wordpress,caranya tidak begitu sulit kok, Cuma butuh waktu sebentar doank dah beres..berikut langkah langkah yang harus anda ikuti : 

1. Login melalui http://draft.blogger.com -> klik Tata Letak atau Layout
2. Klik Edit HTML –> kasih tanda tik pada “Expand Template Widget”
3.Cari kode berikut
<b:include data="post" name="comments" />
4. Letakkan kode berikut persis setelah atau dibawahnya kode no. 3.

<b:include data="post" name="comment-form"/>

5. Klik “Simpan.”
6. Klik “Pengaturan” atau “Setting”
7. Klik “Komentar atau “Comment”
8. Pada Kolom “Penempatan Formulir Komentar” kasih tanda tik pada menu -> “Disemat di bawah entri”
10. Klik “Simpan Pengaturan”. Selesai.

Cacatan : Kalau Anda memakai template default blogger.com, maka silahkan langsung ke tutorial nomor 6. Sedang tutorial 1 sampai 5 hanya bagi kita yang menggunakan template eksternal, bukan template yang sudah disediakan blogger.com.


Sekarang coba cek blog Anda, dan klik salah satu link posting. Akan tampak kotak komentar yang langsung muncul di bawah postingan anda, ini kalau petunjuk di atas Anda ikuti dengan benar. Lihat contohnya di halaman paling bawah di halaman ini dan jangan lupa tinggalkan juga komentar anda..hehehehe

Hal kedua yang perlu anda ketahui yaitu :

Untuk membuat sebuah blog di blogspot ramah komentar, Anda juga perlu merubah setting komentar menjadi lebih “comment friendly”. Jangan liat blog ini coz comentnya masih sepi..heheheh maklum umurnya juga masih muda jadi lom pada banyak coment yang muncul..eh jadi lupa Caranya bisa anda lihat sekaligus dipraktekkan seperti langkah langkah berikut, berikut langkah – langkahnya :

1. Klik SETTINGS / pengaturan dan klik COMMENTS / komentar.

COMMENTS –> pilih SHOW.
Who Can Comment? –> pilih ANYONE. Supaya semua pengunjung baik yg anggota blogspot maupun yg tidak dapat ikut berkomentar.

Show word verification for comments? –> pilih YES. Untuk menghindari komentar otomatis oleh robot spam.

Enable comment moderation? –> pilih NO /TIDAK (sebaiknya). Kalau Anda termasuk orang yg “jaga wibawa”, pilih YES (kalau YES, setiap komentar akan disensor dulu oleh Anda, baru bisa muncul di kotak komentar. Akan tetapi hal Ini membuat pengunjung malas komentar).

Baca Misteri

Baca Misteri

1 comment:

Note: Only a member of this blog may post a comment.