Cara Membuat Table dan Data Defenition Language

Pada Data Defenition Language (DDL) dibahas mengenai hal – hal yang berkaitan dengan struktur table.Pada Postingan ini akan dibahas mengenai cara membuata table (create table), Mengubah struktur table (alter table), dan menghapus table (drop table)


Membuat table (create table)
sebelum membahas cara membuat table, anda harus mengenal dulu tipe data yang ada di dalam oracle. Tipe data yang dimaksud adalah:
a. Char (n)
Mendefenisikan string sepanjang n karakter. Bila n tidak disertakan, panajng karakter adalah 1.

b. Varchar(n)
Mendefenisikan string yang panjangnya bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, namun string tersebut dibatasi sebanyak n karakter.oracle mendefenisikan varchar2.

c. Varchar2(n)
Mendefenisikan kstring yang panjangnya bisa berubah – ubah sesuai dengan kebutuhan, namun string tersebut dibatasi sebanyak n karakter.maksimum karakter pada varchar adalah 2000 karakter.

d. Long 
Mendefenisikan tipe Binary, maksimum 2 Gigabyte, disimpan dalam format internal oracle.

e. Long Raw
Sama dengan Long, yaitu mendefeniskan Binary, maksimum 2 Gigabyte, tidak dikonversi oleh oracle (data mentah apa adanya).

f. Date
Mendefenisikan tanggal,menyimpan tahun,bulan,hari,jam,menit dan detik.

g. Number(n,p)
Mendefenisikan angak pecahahn, fixed decimal atau floating point. Nilai n adalh jumalh bytes total dan p adalah presisi angka dibelakang koma.

Keterangan :
Tipe data non oracle dapat dikonversikan sebagai berikut :
DECIMsL > NUMBER
INTEGER, INT > NUMBER (38)
SMALLINT > NUMBER(38)
FLOAT > NUMBER
REAL > NUMBER
DOUBLE > NUMBER

Setelah mengetahui tipe data dalam oracle, akan dilanjutkan pembahasan mengenai pembuatan table.Sintak SQLnya adalah :
CREATE TABLE nama_tabel(
Name field ke-1 tipe data (lebar_field),
……
……
Nama filed ke-n tipe data(lebar_field) );

Keterangan 

  • Untuk membuat table acuan (reference) sebelum tanda’)’ tambahkan sintak nama_constraint primary key (nama_field_prymarykey) not nul);
  • Untk membuat table yang mengacu pada table lain (table relasi) sebelum tanda ‘)’ tambahkan sintak : Constraint nama constrain primary key(nama_field_primarykey-I,…..,nama_field_primarykey-n),Constraint nama_constraint foreignkey-1)references nama_table_acuan-1(nama_field_primarykey-1));

Untuk lebih jelas tentang penggunaan sintak- sintak dalam oracle sqlplus,lihat contoh soal dan jawaban oracle dan penggunaan sintaknya pada postingan saya sebelmnya klik disini
Baca Misteri

Baca Misteri