Masukkan Alamat Email Anda

Untuk mendapatkan update artikel dari blog ini:

Minggu

GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL

Gaya Kepemimpinan Situasional

Gaya kepemimpin situasional mencoba mengkombinasikan proses kepemimpinan dengan situasi dan kondisi yang ada. Gaya ini diketengahkan oleh Hersey dan Blancard yang amat menarik untuk dipelajari.
Menurut gaya kepemimpinan situasional, ada tiga hal yang saling berhubungan yaitu:





Jumlah petunjuk dan pengarahan yang diberikan oleh pimpinan.
2) Jumlah dukungan sosioemosional yang diberikan oleh pimpinan.
3) Tingkat kematangan dan kesiapan para pengikut yang di tunjukkan dalam melaksanakan tugas kasus, fungsi atau tujuan tertentu.
Pada dasarnya, konsepsi gaya kepemimpinan situasional menekankan kepada perilaku pimpinan dengan bawahan (followers) saja, yang dihubungkan dengan tingkat kematangan dan kesiapan bawahannya. Kematangan (maturity) dalam hal ini diartikan sebagai kemauan dan kemampuan dari bawahan (followers) untuk bertanggung jawab dalam mengarahkan perilaku sendiri.
Menurut Hersey dan Blancard penemunya (1979) ada empat jenis tingkat kematangan bawahan (followers) yaitu :
a. Orang yang tidak mampu dan tidak mau atau tidak yakin (M1).
b. Orang yang tidak mampu tetapi mau (M2).
c. Orang yang mampu tetapi tidak mau atau kurang yakin (M3).
d. Orang yang mampu dan mau atau yakin (M4).

Gaya kepemimpinan “Partisipasi” adalah gaya yang sesuai untuk tingkat kematangan Mampu akan tetapi tidak memiliki kemauan untuk melakukan tanggung jawab (M3)/tugas, karena ketidakmauan atau ketidakyakinan mereka untuk melakukan tugas/tangung jawab seringkali disebabkan karena kurang keyakinan. Dalam kasus seperti ini pemimpin perlu membuka komunikasi dua arah dan secara aktif mendegarkan mendukung usaha-usaha yang dilakukan para bawahan/pengikutnya.

Selanjutnya, untuk tingkat kematangan yang mampu dan mau/yakin (M4), maka gaya kepemimpinan yang sesuai adalah gaya “Delegasi”, karena orang/bawahan seperti ini adalah mampu melaksanakan tugas dan mau/yakin. Dengan gaya delegasi ini pimpinan sedikit memberi pengarahan maupun dukungan, karena dianggap sudah mampu dan mau melaksanakan tugas/tanggung jawabnya. Mereka diperkenankan untuk melaksanakan sendiri dan memutuskannya tentang bagaimana, Kapan dan dimana pekerjaan mereka harus dilaksanakan. Pada gaya delegasi ini tidak terlalu diperlukan komunikasi dua arah.



0 komentar:

Poskan Komentar

asal usul pengunjung


free counters
Sonic Run: Internet Search Engine Search Engine DirectoryVault.com Free Web Submission Banner AddMe Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!

blogarama - the blog directory
Review sauri-sofyan.blogspot.com on alexa.com
Get followers

LAYANAN SMS GRATIS

Collection


Blogging Tip Blogs - BlogCatalog Blog Directory RSS Search ReadABlog.com Blog Search Engine blog search directory [Valid Atom 1.0] Increase Page Rank Link Exchange British Blogs Personal Blogs AntiSpam Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Powered by Mysiterank Blog Search: The Source for Blogs The Republic of Indonesian Blogger | Garuda di Dadaku Free Traffic Tools! Austrosearch rantop.com Google Pagerank Powered by  MyPagerank.Net


Certified Backlinks.
Site Class:


MYBLOGLOG COMMUNITY

  © Terima Kasih Telah Berkunjung disauri-sofyan.blogspot.com

Kembali Ke atas